Pages

Monday, November 8, 2010

Batik Indonesia



Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa jawa: "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik".
batik merupakan sebuah tehnik dalam pewarnaan pembuatan kain yagn sudah cukup lama. Batik biasanya di buat dengan menggunakan malam atau biasa di sebut wax-resist dyeing .Seni pewarnaan kain dengan teknik ini adalah salah satu bentuk seni kuno. menurut penemuan di mesir tentang pembungkusan kain untuk mumi juga menggunakan malam untuk membentuk polanya . dan ini juga menurut masyarakan mesir sudah dikenal semenjak abad ke 4 sebelum masehi.
Di Indonesia sendiri pun batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan populernya pada akhir abad 18 atau awal abad 19. Batik yang dihasilkan semuanya merupakan batik tulis sampai awal abad ke 20 dan batik cap baru dikenal setelah perang dunia atau sekitar tahun 1920an.
Walaupun kata batik berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat. G.P. Rouffaer berpendapat bahwa tehnik batik ini kemungkinan diperkenalkan dari india atau Srilangka pada abad ke-6 atau ke-7 . tetapi menurut seorang arkeolog indonesia yang bernama F.A. Sutjipto  ia percaya bahwa batik adalah asli dari daerah seperti toraja, Flores , Halmahera , dan Papua. Menurut dia daerah ini bukan lah daerah yang di pengaruhi hinduisme tetapi memang memiliki tradisi membuat batik sejak dahulu.
Di Eropa pun teknik batik pertama kali diceritakan dalam buku History of java di London tahun 1817. Sebuah buku yang di tulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Ia adalah seorang Gubernur Inggris di Jawa pada masa Napoleon menduduki Belanda. Pada tahun 1873 seorang saudagar Belanda yang bernama Van Rijekevorsel memberikan selembar batik yang diperolehnya saat ia datang ke Indonesia dan pergi ke ke Museum Etnik di rotterdam. Dari situ lah sir Thomas Stamford raffles mulai memperkenalkan batik.
dan pada awal abad ke-19 itulah batik mulai mencapai masa keemasannya. Sewaktu dipamerkan di Exposition Universelle di Paris pada tahun 1900, batik Indonesia memukau publik dan seniman.
Saya bangga memiliki batik di Indonesia karena ia dapat memanca Negara dan dapat berkembang pesat seperti sekarang. Bahkan sekarang sudah ada mesin otomatis untuk membuat batik . tetapi saya tetap lebih menyukai batik kuno dengan tehnik tulis

0 comments:

Post a Comment

 

Assignment Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008